UNIT 7 KEGIATAN BELAJAR M A N D I R I ( U K B M ) (Kode UKBM 3.7.dan 4.7) Although V.s Even though

  UNIT 7 KEGIATAN BELAJAR  M A N D I R I  ( U K B M )

(Kode UKBM 3.7.dan 4.7)


a.              Nama Mata Pelajaran       :     Bahasa dan Sastra Inggris          
b.             Kelas / Semester                :     XII/2
c.              Kompetensi Dasar             :    



  
3.7   Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait konsesi, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.7   Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan member dan meminta informasi terkait konsesi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks.


d.             Indikator Pencapaian Kompetensi :



  


3.7.1   Mengidentifikasi fungsi sosial teks interaksi transaksional lisan dan tulisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait konsesi.
3.7.2   Menganalisis struktur teks interaksi transaksional lisan dan tulisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait konsesi.
3.7.3   Menganalisis unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait konsesi.
4.7.1   Membuat teks interaksi transaksional lisan dan tulisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait konsesi.
4.7.2   Menyajikan hasil teks interaksi transaksional lisan dan tulisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait konsesi.


     

e.             Materi Pokok                    :  

 Teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait konsesi sesuai dengan konteks penggunaannya. (Although – Even though)
f.               Alokasi Waktu                  : 9 JP (3 Pertemuan)
g.              Tujuan Pembelajaran    :



  


Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
·         Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait konsesi sesuai dengan konteks penggunaannya.
·         Membuat dan menyajikan hasil teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait konsesi sesuai dengan konteks penggunaannya.


               h.Materi Pembelajaran       :




1.    Fakta:
Ditunjukkan contoh teks interaksi transaksional :
Ø  They came to school this morning even though they were late.
Ø  Although he is sick, he still can play the game very well.
2.    Konsep :
Teks interaksi transaksional
3.    Prinsip
Ø  Konjungsi although dan even though
Ø  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nomina.
Ø  Ejaan dan tanda baca.
4.    Prosedur
Ø  Membuat teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait konsesi.


  

 2.           Peta Konsep









3.              Kegiatan Pembelajaran


Perbedaan-penggunaan-despite-in-spite-of-dengan-although-even-though-though/ 

Rumus-contrast-conjunction-beserta contoh kalimat 

Penggunaan Although dan Eventhough, Otherwise, However, Nevertheless, EVEN IF, UNLESS, HOWEVER, ON THE OTHER HAND, dan IN CONTRAST  

a.              Pendahuluan
Sebelum belajar pada materi ini silahkan kalian membaca dan memahami kalimat-kalimat di bawah ini.



  



Ø  She went out for a walk although it was raining.
Ø  Although I studied hard, I couldn't pass my English Exam.
Ø  Richard worked on his project all night although he was tired.
Ø  I am happy even though I didn’t win on the debate competition, at least I tried.
Ø  He said that he enjoyed the holiday even though he spent a lot of money.
Ø  I will follow the dance competition even though my dance skill isn’t perfect yet



b.             Inti
1)             Petunjuk Umum UKBM
Baca dan pahami materi pada Buku Teks Pelajaran Pathway To English XII
a)             Setelah memahami isi materi dalam bacaan berlatihlah untuk berfikir tinggi melalui tugas-tugas yang terdapat pada UKBM ini baik bekerja sendiri maupun bersama teman sebangku atau teman lainnya.
b)             Kerjakan UKBM ini dibuku kerja atau langsung mengisikan pada bagian yang telah disediakan.
c)              Kalian dapat belajar bertahap dan berlanjut melalui kegiatan ayo berlatih, apabila kalian yakin sudah paham dan mampu menyelesaikan permasalahan dalam kegiatan belajar yang ada, kalian boleh sendiri atau mengajak teman lain yang sudah siap untuk mengikuti tes formatif agar kalian dapat belajar ke UKBM berikutnya.

2)             Kegiatan Belajar

Kalian sudah siappp ???
Ayo…… ikuti kegiatan belajar berikut dengan penuh kesabaran dan penuh konsentrasi  ya !!!



  
Kegiatan Belajar 1

Sebelum melakukan kegiatan belajar 1, perhatikan dan amati gambar dibawah ini dulu...





 
                                                                                                                   

                                                                                                                                            
 Setelah mengamati ilustrasi gambar diatas kalian bentuk kelompok masing-masing beranggotakan 5 orang.  Diskusikan bersama anggota kalian :
Ø  Apa isi dari gambar diatas?
Ø  Kalimat apa yang sesuai dengan ilustrasi gambar tersebut? Buatlah kalimat dalam bahasa Inggris!

Setelah membuat contoh kalimat berdasarkan gambar diatas, bacalah uraian singkat materi dan contoh berikut dengan penuh konsentrasi!







There are several kinds of conjunction. One of them is contradictive conjunction. This conjunction is used to combine two clauses which are contrast. (Positive clause and negative clause). The examples of this conjunction are : although and even though. They have the same meaning. Even though is a little stronger than although.
It rained a lot  , but Faris and Harjono went to school
Although it rained a lot, Faris and Harjono went to school.



  
Ayo berlatih!

Match the expression on the left box with the suitable dependent clause in the left box!





  Kegiatan Belajar 2


  

Sebelum melakukan kegiatan belajar 2, kerjakan latihan soal di bawah ini :


Read the following dialogue and answer the questions!


Razar    :   I heard you beat the champion in the previous contest. Congratulations!
Rama    :   Thank you. It was because of fortune. Although I wasn’t confidence enough to face him, I still tried my best.
Razar    :   Wow, great! I am so sorry I couldn’t come to see your performance.
Rama    :   Never mind! You always support me though you didn’t come. That made me has spirit to keep trying.
Razar    :   That’s what friends are for. I hope I can watch your performance in upcoming event.
Rama    :   I don’t think so. Although I won the competition, I can’t join it again. I will be too old next year for the competition.
Razar    :   I see. You still have other competitions to beat.
 
  



















1.        Was Rama confidence enough to beat the champion in the contest? How did he beat the champion?
2.        Did Razar watch Rama’s performance?
3.        Why did Rama have spirit to keep fighting?
4.        What does Razar hope for the next event?
5.        Mention the sentences which have contradictive conjunction!

Setelah mengerjakan  latihan soal di atas, cobalah untuk membuat 10 kalimat yang menggunakan konsensi yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari!



  

Setelah kalian memahami materi pada kegiatan belajar 2, cobalah membuat dialog dengan teman sebangku yang mengandung konsensi!



c.              Penutup



Setelah kalian belajar bertahap dan berlanjut melalui kegiatan belajar 1, 2 dan 3, berikut diberikan Tabel untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang sudah kalian pelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi pada UKB ini di Tabel berikut.



  
Tabel Refleksi Diri Pemahaman Materi

No
Pertanyaan
Ya
Tidak
1.
Apakah kalian telah memahami pengertian konsensi?


2.
Apakah kalian telah memahami fungsi  although, dan even though?


3.
Apakah kalian telah memahami perbendaan di antara keduanya?


4.
Apakah kalian bisa membuat kalimat menggunakan conjunction tersebut?


5.
Dapatkah kalian membedakan antara dependent clause dan independent clause?




Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dalam Buku Teks Pelajaran (BTP) dan pelajari ulang kegiatan belajar 1, 2 dan 3 yang sekiranya perlu kalian ulang dengan bimbingan Guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!.  Dan apabila kalian menjawab “YA” pada semua pertanyaan, maka lanjutkan berikut.

Dimana posisimu?
Ukurlah diri kalian dalam menguasai materi konsesi dalam rentang 0 – 100, tuliskan ke dalam kotak yang tersedia.



Setelah kalian menuliskan penguasaanmu terhadap materi konsesi, lanjutkan kegiatan berikut secara mandiri untuk mengevaluasi penguasaan kalian!
Kerjakan di buku kerja masing-masing....

        Setelah menyelesaikan soal di atas dan mengikuti kegiatan belajar, silahkan kalian berdiskusi dengan teman lalu tuliskan penyelesaian permasalahan diatas ke buku kerja masing-masing!
Ini adalah bagian akhir dari UKBM materi konsesi, mintalah tes formatif kepada Guru kalian sebelum belajar ke UKBM berikutnya.
Sukses untuk kalian!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EXPLANATION OF REVIEW TEXT

Soal Noun Clause

Noun Clause